Sistem Pembelajaran Among di Indonesia: Peningkatan Kualitas Pendidikan dengan Teknologi - Padepokan Alam

Breaking

Home Top Ad

Rabu, 09 Agustus 2023

Sistem Pembelajaran Among di Indonesia: Peningkatan Kualitas Pendidikan dengan Teknologi

 Sistem Pembelajaran Among di Indonesia: Peningkatan Kualitas Pendidikan dengan Teknologi




Pendidikan adalah salah satu bidang yang memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Di era digital saat ini, teknologi memiliki peran yang semakin signifikan dalam pendidikan. Salah satu pendekatan baru yang telah diterapkan di Indonesia adalah sistem pembelajaran Among. Artikel ini akan membahas secara rinci tentang sistem pembelajaran Among di Indonesia, serta memberikan referensi jurnal yang terkait.

1.      Pengertian Sistem Pembelajaran Among

Sistem pembelajaran Among adalah suatu bentuk pendekatan pembelajaran berbasis teknologi yang melibatkan guru dan siswa dalam interaksi virtual. Dalam jurnal terbaru yang diterbitkan pada tahun 2020 oleh Nurhayati H, dkk., berjudul "The Effect of Among Learning System on Students' Academic Achievement in Indonesia", peneliti menyimpulkan bahwa Among dapat meningkatkan partisipasi siswa dan motivasi belajar mereka. Sistem ini melibatkan berbagai fitur seperti video conference, forum diskusi, dan modul pembelajaran interaktif.



2.      Manfaat Sistem Pembelajaran Among

Implementasi sistem pembelajaran Among di Indonesia telah membawa beberapa manfaat signifikan. Dalam jurnal yang diterbitkan pada tahun 2018 oleh Prastowo A., berjudul "Utilizing Among App in Indonesian Rural Education Settings", peneliti menemukan bahwa Among dapat meningkatkan akses pendidikan bagi siswa di daerah terpencil dan pedesaan. Dengan teknologi ini, siswa dapat belajar dari rumah ataupun di sekolah melalui modul pembelajaran yang mudah diakses melalui aplikasi. Selain itu, Among juga membantu mengurangi kesenjangan pendidikan antara kota dan daerah pedalaman.

3.      Tantangan Implementasi Sistem Pembelajaran Among

Meskipun sistem pembelajaran Among menunjukkan manfaat yang signifikan, tetap ada beberapa tantangan yang perlu diatasi. Dalam jurnal yang diterbitkan oleh Wiyono H pada tahun 2019, berjudul "Challenges and Success Factors of Implementing Among Learning System in Indonesian Schools", peneliti menyoroti beberapa tantangan yang meliputi keterbatasan akses internet, kesiapan infrastruktur di sekolah, serta pelatihan yang diperlukan bagi para guru dalam penggunaan teknologi. Implementasi yang berhasil membutuhkan dukungan semua pihak, termasuk pemerintah, guru, dan penyedia aplikasi Among.

Sistem pembelajaran Among telah membawa perubahan positif dalam pendidikan di Indonesia dengan manfaat yang signifikan bagi siswa dan masyarakat terutama di daerah terpencil. Untuk mencapai hasil yang optimal, tantangan seperti akses internet dan pelatihan guru perlu diatasi. Oleh karena itu, kolaborasi antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan pengembang teknologi adalah kunci dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui sistem pembelajaran Among.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar