Capaian MPLS dalam Membangun Semangat Belajar Peserta Didik - Padepokan Alam

Breaking

Home Top Ad

Selasa, 01 Agustus 2023

Capaian MPLS dalam Membangun Semangat Belajar Peserta Didik

 Capaian MPLS dalam Membangun Semangat Belajar Peserta Didik




Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan program orientasi yang diadakan oleh sekolah saat awal tahun ajaran dengan tujuan memperkenalkan siswa pada lingkungan sekolah dan membantu mereka beradaptasi dengan rutinitas baru. Selain itu, MPLS juga memiliki peran penting dalam membangun semangat belajar peserta didik. Berikut ini adalah beberapa capaian MPLS dalam keberhasilan peserta didik membangun semangat belajar:

1.     Membangun Keterikatan Emosional

MPLS membantu peserta didik merasa lebih terikat secara emosional dengan sekolah. Dalam MPLS, peserta didik berinteraksi dengan para guru, karyawan sekolah, dan sesama siswa. Melalui kolaborasi dan kegiatan sosial, peserta didik mulai merasa menjadi bagian dari komunitas sekolah. Hal ini dapat memotivasi peserta didik untuk lebih bersemangat dalam belajar dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan sekolah.

2.     Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

MPLS memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk tampil di hadapan orang lain melalui kegiatan seperti perkenalan diri, presentasi, atau penampilan lainnya. Dalam suasana yang disupportif, peserta didik diberi kesempatan untuk menunjukkan keahlian mereka dan mendapatkan apresiasi dari orang lain. Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri peserta didik, yang pada gilirannya dapat memengaruhi semangat belajar mereka.


Baca Juga: Apa Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) itu?


3.     Mengenalkan Fasilitas dan Sumber Daya Sekolah

MPLS memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengenal fasilitas dan sumber daya yang ada di sekolah. Peserta didik dapat mengunjungi perpustakaan, laboratorium, atau ruang kreatif lainnya. Mengenal fasilitas dan sumber daya ini memberikan gambaran yang lebih jelas tentang potensi apa yang dapat mereka manfaatkan dalam proses belajar mereka. Hal ini dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik, karena mereka sadar akan kesempatan yang ada dan keuntungan yang dapat mereka peroleh.

4.     Pembentukan Hubungan yang Baik dengan Guru dan Mentor

MPLS memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk berinteraksi dengan guru dan mentor lebih intensif dibandingkan dengan kelas reguler. Peserta didik dapat mendapatkan bimbingan dan nasihat dari para pendidik yang dapat mempengaruhi motivasi mereka dalam belajar. Ketika peserta didik merasa diperhatikan dan didukung oleh guru dan mentor, mereka cenderung memiliki semangat belajar yang lebih tinggi dan berusaha memberikan yang terbaik.

5.     Mengenalkan Kebijakan Sekolah dan Aturan-aturannya

MPLS memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memahami kebijakan dan aturan-aturan sekolah. Melalui penjelasan dan orientasi, peserta didik dapat mengerti tentang harapan sekolah terhadap perilaku dan proses belajar mereka. Memahami secara jelas tata tertib sekolah dapat membantu peserta didik untuk mengatur diri mereka sendiri, memaksimalkan potensi belajar mereka, dan memberikan dedikasi yang lebih tinggi dalam meraih keberhasilan akademik.

Melalui capaian MPLS yang telah dijelaskan di atas, peserta didik dapat membangun semangat belajar yang kuat serta memiliki keterikatan dan motivasi yang tinggi terhadap sekolah. Semangat belajar yang terbangun pada awal masa MPLS dapat berdampak positif dalam perjalanan belajar peserta didik dalam jangka panjang. Oleh karena itu, MPLS memiliki peran yang penting dalam membantu peserta didik dalam membangun semangat belajar yang berkelanjutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar